"ANALISIS
APLIKASI Transaksi SHOPEE"
Shopee merupakan salah satu
perusahaan e-commerce yang ada di indonesia, berada dibawah naungan Garena
(berubah nama menjadi SEA Group) yaitu perusahaan Internet di Asia Tenggara.
Dengan Menjalankan model bisnis C2C (customer to customer) mobile marketplace
dan mall online yang diusung Shopee, memungkinkan kehadirannya dapat dengan
mudah diterima oleh berbagai lapisan masyarakat, termasuk di Indonesia. Shopee
akhirnya resmi diperkenalkan di Singapura pada tahun 2015
kemudian diikuti oleh negara Malaysia, Filipina, Taiwan, Thailand,
Vietnam, dan Indonesia.
Mengusung visi "Menjadi C2C Mobile
Marketplace Nomor 1 di Asia Tenggara", Shopee yang berada di bawah naungan
CEO, Chris Feng, pria lulusan terbaik dari Universitas Nasional Singapura yang
memungkinkan para penggunanya membeli atau menjual barang melalui aplikasi yang
tersedia di platform iOS dan Android.
Shopee Indonesia resmi diperkenalkan di
Indonesia pada Desember 2015 di bawah naungan PT Shopee International
Indonesia. Sejak peluncurannya, Shopee Indonesia mengalami perkembangan yang
sangat pesat, bahkan hingga Oktober 2017 aplikasinya sudah didownload oleh
lebih dari 25 juta pengguna. Menawarkan one stop mobile experience, Shopee
menyediakan fitur live chat yang memudahkan para penjual dan pembeli untuk
saling berinteraksi dengan mudah dan cepat.
Shopee Indonesia sebagai sarana jual beli
daring yang menyediakan berbagai produk untuk menunjang aktivitas sehari-hari
yang mencakup fashion, gadget, alat kosmetik, alat elektronik, hobi dan koleksi, fotografi, perlengkapan olahraga, otomotif, vitamin dan
suplemen, perlengkapan rumah, makanan dan minuman, souvenir dan pesta, hingga
voucher belanja
Dalam sistem pembayaran Shopee Indonesia
menerapkan sistem layanan jual beli interaktif antara penjual dan pembeli
melalui fitur live chat. Shopee menyediakan berbagai sistem pembayaran melalui
transfer bank, Indomaret, Kredivo, hingga kartu kredit. Selain itu, tersedia
juga dompet elektronik, Shopee Pay yang dapat menyimpan seluruh dana, baik dari
penjualan atau pembelian.
Shopee Indonesia juga memiliki fitur “Koin
Shopee”, yaitu koin virtual yang diperoleh dari hasil pembelian barang dengan
promo tertentu dengan sistem cashback. Nantinya, “Koin Shopee” ini dapat
ditukar dengan diskon saat pembelian barang berikutnya.
Untuk memastikan barang yang dikirim
penjual Shopee sampai ke pembeli, Shopee Indonesia memberlakukan sistem Garansi
Shopee sebagai jaminan uang akan kembali seratus persen apabila barang tidak
sampai.
Selain itu shopee
Indonesia juga memiliki dukungan logistik yang berkerjasama dengan
beberapa jasa logistik di Indonesia, seperti JNE, J&T, GO-JEK (Go-Send),
dan Pos Indonesia untuk membantu proses pengiriman barang.
Apa itu Shopee?
Keunggulan Apa Saja yang Dimiliki oleh Shopee?
Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah membawa
pengaruh baru yang belum pernah terbayangkan sebelumnya. Di Indonesia
telah menempati peringkat yang tinggi dengan jumlah pengguna internet terbesar
sekitar 30% dari total penduduk Indonesia. E-commerce dapat
menjadi sebuah lahan emas bagi sebagian orang yang ingin terjun ke dalam dunia
bisnis online.
Dahulu, jika kita ingin
membeli pakaian atau barang yang kita inginkan pastinya kita bakal memilih,
berebut dan mengantri panjang jika akan membayar. Namun sekarang tidak perlu
susah payah karena adanya aplikasi penjualan yang mempermudah masyarakat
Indonesia. Jika kita ingin membeli barang dengan cara online dimana pun dan
kapanpun. Penjual
hanya akan menerima uang pembayaran setelah barang diterima oleh pihak pembeli.
Selama barang belum sampai, uang akan disimpan di rekening pihak ketiga.
Transaksi juga aman tanpa perlu khawatir
karena menggunakan layanan escrow atau rekening pihak ketiga. Tentunya
dengan dipermudah dalam kecanggihan teknologi ini membuat masyarakat di
Indonesia akan beralih menggunakan bisnis online atau membeli dengan cara
online. Cukup dengan menggunakan Smartphone anda untuk mengakses situs aplikasi
belanja online tanpa ribet. Salah satu aplikasi yang saat ini marak digunakan
adalah Shopee.
Untuk menunjang aplikasi, Shopee telah menawarkan berbagai kategori produk
seperti fashion dan perlengkapan rumah tangga. Ada 26 kategori yang tersedia di
Shopee, yaitu :
- Pakaian Pria - Tas Pria
- Pakaian Wanita -
Tas Wanita
- Handphone & Aksesories - Jam Tangan
- Kecantikan - Fashion Muslim
- Kecantikan - Fashion Muslim
- Elektronik -
Komputer & Aksesories
- Perlengkapan Rumah Tangga - Aksesories Fashion
seperti kacamata
- Fashion Bayi & Anak - Kesehatan
- Ibu & Bayi -
Hobi & Koleksi
- Sepatu Pria Fotografi - Fotografi
- Sepatu Wanita - Voucher
- Fotografi - Buku & Alat Tulis
- Makanan & Minuman - Serba Serbi
Keunggulan Aplikasi Shopee :
Menjual barang dengan cukup cepat dan dapat dilakukan hanya dalam waktu 30
detik.
§ - Memudahkan si penjual dalam memasarkan barang dagangannya dengan fitur
foto. Sehingga bisa mengunggah foto barang hingga Sembilan foto. Hal ini
dimaksudkan pembeli bisa menilik lebih jeli tentang barang yang akan ia beli.
§ - Ada fitur pemberitahuan tentang sistem pembayaran sampai dengan
penyelesaian transaksi. Sehingga memudahkan penjual dalam mengecek transaksi
jual beli online.
§ - Memberi kemudahan dalam memilih produk seperti memilih varian motif, warna
hingga ukuran. Jadi jangan khawatir apabila tidak sesuai.
§ - Memiliki layanan gratis ongkis atau ongkos kirim.
§ - Memiliki layanan terbaru yang bisa digunakan untuk membayar tagihan listrik
PLN.
§ - Memiliki tampilan yang dikemas menarik dan dapat digunakan dengan mudah
walaupun oleh pengguna yang baru.
§ - Menghadirkan fitur Live Chat yang
memudahkan pembeli agar bisa langsung berbicara dengan si penjual untuk bisa
bertransaksi atau bernegosiasi. Fitur ini sangat memudahkan pengguna shopee
karena mengingat pada situs e-commerce atau aplikasi yang lain yang harus
menyimpan nomor telepon terlebih dahulu ketiks ingin bertransaksi.
§ - Memiliki fitur tawar menawar yang memungkinkan si pembeli untuk menawar
harga.
§ - Memiliki fitur berbagi yang lengkap agar dengan mudah menyebarkan info ke
berbagai situs media sosial atau aplikasi messenger, seperti
Facebook, Instagram, Twitter, Line, Pinterest, Whatsapp.
§ - Shopee mengintegrasikan fitur media sosial yang mencakup fungsi hashtag,
agar mempermudah pengguna dalam mencari barang atau produk yang sedang popular
atau untuk mengikuti tren produk terbaru secara mudah.
Shopee sangat memudahkan pengguna dalam
berbelanja, terutama bagi seorang pemula. Kelebihan dari shopee sendiri selain
mudah dalam penggunaan aplikasinya, dalam berbelanja shopee menyediakan banyak
kategori barang dalam berbelanja, barang-barang yang disediakan pun termasuk
murah dan terdapat barang grosiran sehingga bisa dibeli dalam jumlah banyak dan
murah. Selain itu di shopee bisa mencari barang yang sama dengan harga yang
relatif lebih murah.
Dari awal masuknya shopee ke Indonesia
hingga sekarang selalu menawarkann ongkos kirim gratis ke seluruh indonesia
yang bisa dinikmati bagi para pengggunanya. Walaupun faktanya hanya subsidi
30-50 ribu atau setiap pembelian produk dengan nominal harga yang ditentukan
berlaku 1 kali digunakan untuk 1 akun (sewaktu-waktu dapat
berubah) walaupun begitu nyatanya memang sangat membantu bagi seller dan
reseller.
Shopee menyediakan refund atau
pengembalian barang yang disebut dengan garansi shopee, yaitu apabila barang
yang telah dipesan dan dibeli tidak datang atau tidak sampai ke alamat maka
pembeli bisa lapor ke pihak shopee untuk mendapatkan pengembalian uang 100%
dari shopee. Dengan adanya refund bisa meminimalisir terjadinya penipuan.
Penambahan fitur COD mungkin lebih baik
karena ada beberapa buyer yang menginginkan COD/bayar di tempat karena merasa
lebih aman, selain itu untuk barang-barang elektronik akan sangat dibantu oleh
fittur COD dan hal terebut juga karena keamanan pembayaran bagi si
pembeli.
Menurut pandangan
saya pribadi adalah semenjak ada aplikasi Shopee ini adalah memudahkan kiat
untuk bertransaksi dalam hal jual beli, dan lebih dipermudah lagi dengan adanya
sistem COD atau bertemu di tempat dengan cara seperti itu akan memudahkan kita
menemukan pada kurir
Referensi
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar